Selasa, 26 Mei 2015

Cara Memaksimalkan Pencarian Google

Mungkin banyak diantara kita yang mencari artikel di Google tetapi tidak menemukan yang kita cari, hal ini bisa saja disebabkan karena memang tidak adanya postingan yang kita cari tetapi bisa juga artikel tersebut tidak berada di posisi halaman-halaman terdepan Google. Beberapa cara di bawah ini mungkin dapat memudahkan kita untuk memaksimalkan dan mengakuratkan penelusuran di Google. Baiklah simak caranya berikut ini.

Cara Memaksimalkan Pencarian Google


1. Mencari Berdasarkan Tipe File

Mencari jurnal, modul, atau makalah terkadang kita lebih membutuhkan file tertentu, seperti Microsoft Word, Excel, Power Point, atau PDF. Untuk mencari file-file tersebut kita bisa menggunakan cara seperti ini pada kolom penelusuran Google :
  • Matematika filetype:xlsx  >> Mencari file Microsoft Excel Cara 1
  • Matematika filetype:xls  >> Mencari file Microsoft Excel Cara 2
  • Tutorial Blog filetype:pdf >> Mencari file PDF
  • Resep masakan filetype:docx >> Mencari file Microsoft Word Cara 1
  • Resep masakan filetype:doc >> Mencari file Microsoft Word Cara 2
  • seminar proposal filetype:pptx >> Mencari file Microsoft Power Point Cara 1
  • seminar proposal filetype:ppt >> Mencari file Microsoft Power Point Cara 2
 

2. Mencari Pada Url / Alamat Website

Cara ini digunakan untuk mencari konten berdasarkan alamat suatu website, contohnya penggunaannya seperti ini inurl:"terbaru 2015" , keyword ini akan menampilkan artikel yang memiliki url dengan kata terbaru 2015. Jika menggunakan satu kata tidak perlu menggunakan tanda kutip.

3. Mencari Pada Domain Tertentu

Ada saatnya kita ingin mencari artikel blog kita, atau artikel blog/website tertentu saja yang terkadang jika menuliskan secara biasa konten yang kita cari tidak ditemukan. Gunakanlah cara berikut ini contoh penggunaannya site:detik.com, kata kunci ini akan menampilkan hasil penelusuran pada website detik.com saja, jika kita ingin mencari yang lebih terperinci lagi misalnya mencari berita pada detik.com, tambahkan kata kunci dibelakang domain yang kita cari tadi, contoh site:detik.com berita. Cara ini bisa juga mencari ekstensi domain tertentu seperti ini site:edu, keyword ini akan menampilkan website .edu saja kita bisa juga mencari domain dengan ekstensi .com, .net, dan lain sebagainya.

4. Mencari Kalimat atau Pasangan Kata Tertentu

Tidak jarang seperti saya, yang tidak menemukan apa yang dicari pada Google, karena Google mungkin meletakkan artikel yang kita cari pada halaman-halaman terbelakang. Gunakan cara berikut ini contoh penggunaannya "Download Lagu Indonesia Terbaru", kata kunci seperti ini akan menampilkan hasil penelusuran yang pada artikel tersebut mengandung kalimat atau pasangan kata "Download Lagu Indonesia Terbaru".

5. Mencari dengan Pengecualian Kata Tertentu

Barangkali ada diantara sobat sekalian yang ingin mencari di Google tetapi dengan pengecualian kata tertentu, gunakan cara berikut contohnya download software -"trial" kata kunci seperti ini akan menampilkan hasil penelusuran yang mengandung kata download software tetapi juga menghindari yang mengandung kata trial. Pengecualian kata dituliskan seperti ini  -"kata yang dihindari".

6. Gunakan Advanced Search atau Penelusuran Lanjutan
Google Advanced Search memudahkan dan memaksimalkan penelusuran kita juga, hampir sama dengan cara yang disebutkan sebelumnya tetapi yang ini menurut saya lebih mudah digunakan dibandingkan harus menulis dan mengingat query tertentu seperti tadi. Untuk mencobanya langsung saja ke Advanced Search

Demikianlah yang dapat Saya sampaikan pada artikel ini, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar