Sabtu, 04 Oktober 2014

Cara Membuat Ekstensi File Berbeda Pada Notepad Bawaan Windows

Notepad Standart
Langsung saja, berikut cara membuat berbagai macam ekstensi file yang berbeda pada notepad bawaan windows.

1. Uncheck / Matikan ceklis "Hide extentions for known file types". Fungsinya agar ekstensi file yang sebelumnya disembunyikan menjadi terlihat.

Caranya :
- Sebelum di uncheck. Lihat tampilan 1

- Klik Start > Control Panel. Lihat tampilan 2

- Klik Apperance and Personalization. Lihat tampilan 3 

- Pada Folder Options, klik Show hidden files and folders. Lihat tampilan 4

- Pada tab View pada Folder Options, di Advance Settings uncheck/ matikan ceklis "Hide extentions for known file types" . Lihat tampilan 5

- Penampakan file-file setelah di uncheck, ekstensi file terlihat. Lihat tampilan 6


2. Klik Start, ketik Notepad pada kolom search, lalu buka Notepad. Lihat tampilan 7


3. Setelah Notepad terbuka, klik tab File - Save As, contoh disini ane akan membuat dokumen HTML, masukkan File Name sesuai keinginan + ".html", maka file name seperti ini "filename.html", lalu pilih Save as type "All Files (*.*)" . Kita juga bisa membuat ekstensi file lainnya seperti PHP (.php) , CSS (.css) dan lain-lain hanya memberikan tambahan ".esktensifileyangdiinginkan" setelah nama file. Lebih jelasnya lihat tampilan 8 dan tampilan 9

Dengan bisa membuat berbagai macam ekstensi, contoh saja jika kita tidak memiliki software bantuan pembuat website seperti dreamweaver, notepad++, dan lain lain, kita tetap dapat mempelajari, merubah, atau membuat suatu halaman html, atau pemrograman php dan css dengan menggunakan Notepad bawaan windows.

Terima kasih telah mampir di artikel ini, mohon maaf bila ada kesalahan pada penulisan atau penyampaian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar